5 Cara Mudah Melindungi Komputer dari Virus - thoriqaziz.com

thoriqaziz.com

Do your hobby

5 Cara Mudah Melindungi Komputer dari Virus

Share This


THORIQAZIZ.COM - Sebagian dari kita mungkin pernah berhadapan dengan virus komputer. Hal ini tentu akan sangat menyebalkan. Apalagi jika sampai ada data-data kita yang rusak atau bahkan hilang karena ulah virus komputer ini. Mengutip dari Wikipedia, Virus Komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Komputer yang terserang virus biasanya berakibat kinerja yang semakin lambat, sering not responding ketika menjalankan program. Atau bisa juga berakibat data yang hilang, atau data yang tiba-tiba ukurannya menjadi besar (membengkak), dan lain sebagainya.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Namun, tentu saja virus bukanlah hal yang perlu ditakutkan. Karena kita bisa melindungi komputer kita agar tidak terserang virus komputer. Nah berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk melindungi komputer dari virus:

  1. Gunakan Anti Virus
    Sesuai dengan namanya, anti virus komputer digunakan untuk melindungi komputer dari serangan virus. Antivirus dapat memindai file-file yang terinfeksi virus sehingga dapat segera kita tangani sebelum menyebar ke file yang lain. Di internet banyak antivirus yang bisa kita gunakan baik yang free ataupun berbayar. Dan jangan lupa, ketika sudah menginstall antivirus, jangan lupa untuk mengupdate-nya ketika ada versi baru yang keluar.
  2. Lakukan Pemindaian Rutin
    Salah 1 cara menyebarnya virus komputer adalah melalui perangkat seperti flashdisk atau SD Card yang memang sudah terinfeksi virus kemudian tersambung ke komputer kita. Untuk itu, lakukanlah pemindaian selalu ketika ada perangkat baru yang tersambung ke komputer kita. Selain itu, lakukan juga pemindaian menyeluruh terhadap sistem secara berkala, karena virus bisa menyebar melalui internet seperti salah install program yang tidka dikenal ketika berselancar di internet.
  3. Aktifkan Firewall
    Bagi pengguna Windows, di windows sudah tersedia fitur Windows Firewall yang secara otomatis terinstall ketika install sistem operasi windows. Firewall ini sendiri digunakan untuk mengontrol akses keamanan antara jaringan internat yang aman dengan jaringan yang tidak terpercaya / untrusted seperti internet.
  4. Jangan Sembarangan Install Aplikasi
    Ini tidak kalah penting. Jangan sembarangan install aplikasi yang tidak dikenal. Pastikan Anda cukup install yang Anda butuhkan saja.
  5. Waspadai Email Aneh (Spam) yang Masuk
    Salah satu media yang dapat digunakan untuk penyebaran virus adalah email. Jadi, jangan gampang membuka spam email dari sumber yang tidak jelas, Jika mendapat email yang ada file lampiran / attachment, jangan lupa untuk memindainya terlebih dahulu sebelum membukanya.
Oke mungkin itu saja yang bisa saya bagi mengenai bagaimana cara mudah melindungi komputer dari virus. Semoga bermanfaat ya..

No comments:

Post a Comment

Pages