Apa itu Laravel? - thoriqaziz.com

thoriqaziz.com

Do your hobby

Apa itu Laravel?

Share This

Laravel adalah sebuah framework PHP yang dibangun menggunakan konsep model-view-controller (MVC). Laravel berada dibawah lisensi MIT, dengan menggunakan GitHub sebagai tempat berbagi kode.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengenal konsep MVC, tentu akan menjadi lebih mudah ketika mempelajari framework laravel ini. Terlebih lagi, framework laravel ini menduduki peringkat teratas dari sekian framework PHP yang sedang tren belakangan ini.

Berikut adalah beberapa keunggulan laravel:
  1. Open Source
    Laravel merupakan salah 1 framework website yang open source (gratis). Jika ingin membangun website dengan laravel, Anda dapat menggunakan perintah di composer untuk membuat project baru laravel.
    Anda bisa melihat tutorialnya disini.
  2. Konsep MVC
    Konsep MVC (Model View Controller) adalah sebuah metode pengembangan suatu aplikasi dimana memisahkan antara layer data (Model), layer tampilan (view), dan layer proses (controller). Pemisahan ini bertujuan mempermudah developer dalam membangun sebuah aplikasi berikut maintenance-nya.
  3. Blade Template
    Anda pernah membuat file kode yang isinya hampir semua sama?
    Nah disinilah kegunaan dari blade template di laravel. Dengan blade template, Anda dapat membuat parent view, dimana parent view ini bisa digunakan untuk banyak view. Lebih jelas mengenai penggunaannya, Anda dapat melihat salah 1 contohnya disini.
  4. Migration Database
    Framework Laravel juga menyediakan sistem migrasi database. Contoh ada kasus seperti ini, Anda ditugaskan membuat sebuah website dengan beberapa rekan Anda. Dalam sebuah website tentu ada yang namanya database. Nah biasanya kita saling copy paste file database, belum lagi ketika ada perubahan struktur dalam database tentu harus saling koordinasi agar website tetap jalan. Nah dengan migrasi database ini, Anda cukup copy paste file migrasi database dan menjalankan ke komputer masing-masing.
  5. Dokumentasi Lengkap
    Laravel telah menyediakan dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami. Hal ini tentu mempermudah Anda dalam mempelajari framework laravel ini.
Sebagai referensi, jika Anda ingin mempelajari Framework Laravel ini dari nol, Anda bisa belajar di menu Tutorial Laravel yang ada di web ini.


Referensi: logique.co.id

No comments:

Post a Comment

Pages