Query Report - thoriqaziz.com

thoriqaziz.com

Do your hobby

Query Report

Share This
Terkadang ketika membuat sebuah project MIS (Management Information System), tentu tidak akan terlepas dengan sebuah Report / Laporan. Report yang saya maksud disini adalah informasi yang diambil berdasarkan data transaksi yang sudah dilakukan. Nah, berangkat dari project MIS saya (project Mata Kuliah Sistem Informasi), saya ingin berbagi sedikit mengenai Query yang saya gunakan ketika membuat report di project saya.
  1. Query untuk menampilkan pendapatan perbulan yang status pemesanannya 1. Disini saya mempunyai sebuah tabel bernama pemesanan yang terdiri dari berbagai atribut seperti: id_pemesanan, id_pemesan, harga, tanggal_pasang, tanggal_cabut, id_lokasi, dan status. Ketika saya tampilan keseluruhan data, hasilnya sebagai berikut:
    image
    Untuk menampilkan total pendapatan dari pemesanan perbulan, maka query yang digunakan:
    SELECT SUM( harga ) AS total, MONTHNAME( tanggal_pasang ) AS bulan FROM pemesanan WHERE status=1 GROUP BY MONTHNAME( tanggal_pasang )
    hasilnya:
     image
  2. Query untuk menampilkan jumlah transaksi untuk masing-masing lokasi yang status pemesanannya 1 SELECT id_lokasi, count(id_pemesanan) as jumlah FROM pemesanan WHERE status=1 GROUP BY id_lokasi
    hasilnya:
    image
Terimakasih atas kunjungannya.. Semoga bermanfaat dan tunggu postingan-postingan selanjutnya.. CMIIW

No comments:

Post a Comment

Pages