Friday, February 3, 2012

Split String in C#

Categories:

Dalam C# kita dapat mengambil beberapa data dari satu input dengan format tertentu, yaitu dengan menggunakan Split. Disini saya telah menetapkan bahwa format input yang akan dimasukkan nanti adalah Nama_JenisKelamin_Alamat , maksudnya dalam sekali input yang dimasukkan saya mengambil 3 data sekaligus yaitu nama, jenis kelamin dan alamat. Langsung saja buka Visual Studio 2010-nya dan buat project baru di WPF Application.
  1. Buat sebuah TextBox dan sebuah Button pada project tersebut. Secara default, nama dari textBox dan Button tersebut adalah textBox1 dan button1 , jadi biarkan saja.
  2. Double click pada button tadi, kemudian tambahkan kode berikut pada event click-nya,
    string input = textBox1.Text;
    string[] data = input.Split('_');
    string nama = data[0];
    string jenisKelamin = data[1];
    string alamat = data[2];
    
    
    MessageBox.Show("Nama : " + nama + "\nJenis Kelamin :" + jenisKelamin + "\nAlamat : " + alamat);
    Maksud dari kode diatas adalah: menyimpan input yang dimasukkan ke textBox tadi kedalam variabel input (tipe data string), kemudian akan dilakukan split jika ditemukan karakter underscore (“_”) dan menyimpannya kedalam array dengan nama data. Seperti yang kita tahu bahwa array dimulai dengan index 0 dan seterusnya, jadi saya menyimpan data[0] di variabel nama, data[1] di variabel jenisKelamin, data[2] di variabel alamat. Terakhir saya menampilkan hasilnya dengan perintah MessageBox.Show().

  3. Jalankan aplikasi dengan tekan F5, kemudian masukkan input sesuai format yang telah saya tetapkan diatas tadi kemudian klik button-nya.

splitTerimakasih atas kunjungannya.. Semoga bermanfaat dan tunggu postingan-postingan selanjutnya.. CMIIW

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Split String in C#"

Post a Comment