Monday, April 25, 2011

Pengertian Bahasa Pemrograman

Categories: , ,

Bahasa pemrograman adalah notasi yang digunakan untuk menulis program (komputer). Bahasa ini dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu bahasa mesin, bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi. Bahasa mesin (machine language) berupa micro-instruction atau hardwire. Programnya sangat panjang dan sulit dipahami. Di samping itu sangat tergantung pada arsitektur mesin. Keunggulannya adalah prosesnya sangat cepat dan tidak perlu interpreter atau penterjemah. Bahasa tingkat rendah (low level language) berupa macroinstruction (assembly). Seperti halnya bahasa mesin, bahasa tingkat rendah tergantung pada arsitektur mesin. Programnya panjang dan sulit dipahami walaupun prosesnya cepat. Jenis bahasa tingkat ini perlu penterjemah berupa assembler. Sedangkan Bahasa tingkat tinggi (high level language) menyerupai struktur bahasa manusia sehingga mudah dipahami. Bahasa ini tidak tergantung pada arsitektur mesin tetapi memerlukan penterjemah berupa compiler atau interpreter.

>Prinsip Bahasa Pemrograman
Seperti halnya bahasa alami (bahasa manusia), bahasa pemrograman memfasilitasi ekspresi dan komunikasi antar manusia. Namun demikian, bahasa pemrograman berbeda dari bahasa alami dalam duan hal penting. Pertama, bahasa pemrograman dapat memfasilitasi komunikasi antara manusia dan mesin komputasi. Dan kedua, bahasa
pemrograman mempunyai domain yang lebih ke arah notasi dibanding bahasa alami.
Perancang bahasa memiliki kosa kata (vocabulary) dasar tentang struktur bahasa, arti, dan pemahaman tentang bagaimana bahasa bekerja. Kosa kata tersebut dapat dikelompokkan dalam tiga kategori yang disebut sebagai prinsip perancangan bahasa, yaitu:
1. Sintaks
2. Nama dan tipe
3. Semantik
Sintaks menjelaskan bagaimana struktur program yang benar. Struktur bahasa pemrograman modern dide nisikan menggunakan bahasa formal yang disebut context-free-grammar. Nama dan Tipe menunjukkan bagaimana aturan penamaan entitas (variabel, fungsi, class, parameter, dan sebagainya). Semantik, arti dari program. Ketika program dijalankan, efek tiap instruksi dide nisikan oleh semantik dari bahasa.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Pengertian Bahasa Pemrograman"

Post a Comment