Thursday, April 14, 2011

Mengenal ADO.NET

Categories: , ,

ADO.NET adalah kumpulan class yang berisi komponen untuk melakukan koneksi, akses, dan manipulasi database. ADO.NET merupakan pengembangan pendahulunya, yaitu ADO 2.6 (ActiveX Data Object) yang terdapat pada VB6. ADO.NET sendiri merupakan kepanjangan dari ActiveX Data Object untuk Framework .NET.
Ketika mengakses sebuah database dengan menggunakan ADO.NET, kita melakukan koneksi ke database, mengambil informasi yang dibutuhkan, dan menyimpan informasi didalam memori computer.
NET Data Provider merupakan serangkaian class yang memungkinkan kode yang teratur untuk berinteraksi dengan sumber data khusus Stored Procedure untuk memanggil, meng-update, dan mengubah data. ADO.NET memiliki empat NET Data Provider, yaitu: SQL Server, OLEDB, ODBC, dan Oracle.
Ada empat objek utama yang dimiliki NET Data Provider, yaitu: objek Connection, Command, DataReader, dan DataAdapter.
• Objek Connection akan mengatur koneksi ke database. Stored Procedure berbeda dengan ADO, objek connection tidak bisa untuk mengeksekusi pernyataan SQL ke sumber data. Objek connection digunakan untuk membuka koneksi, mengatur Stored Procedure atau memanggil properties dalam koneksi, dan menangani event-event yang berkaitan dengan koneksi.
• Objek Commad untuk mengeksekusi pernyataan SQL atau menyimpan prosedur ke sumber database.
• Objek DataReader menyediakan akses secara cepat ke data read-only (hanya dapat dibaca) maupun forward-only (hanya ke depan).
• Objek DataAdapter berisi objek command yang memungkinkan Anda memetakan aksi khusus pada sumber data. DataAdapter merupakan mekanisme untuk menjembatani provider data dengan disconnected dataset (dataset tak terhubung). DataAdapter dapat dipakai untuk membuat dataset dari pernyataan SQL yang ada atau dari stored procedure untuk meng-update, menyisipkan, atau menghapus baris database.
• Objek DataSet bukan merupakan bagian NET Data Provider. DataSet tidak tahu sumber data yang datanya diterima, objek hanya tahu data dan tipe kolom data. DataSet akan membuka suatu collection datatable yang berisi collection datacolumn maupun datarow. Collection datatable dapat digunakan bersama collection datarelation untuk membuat struktur data relasional.
• Objek DataTable bukan merupakan bagian NET Data Provider. DataTable merupakan bagian DataSet dan digunakan untuk mempresentasikan sebuah table.
• Objek DataRow bukan merupakan bagian NET Data Provider. DataRow merupakan bagian DataSet dan digunakan untuk mempresentasikan record dalam table.
ADO.NET menggunakan XML untuk memberikan data dari server ke client. XML (eXtensible Markup Language) adalah format dokumen berbasis teks mirip dengan HTML, tetapi khusus untuk menyimpan informasi dan merupakan metode untuk menampilkan data terstruktur. XML merupakan standar berbagi data antaraplikasi.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Mengenal ADO.NET"

Post a Comment