Monday, September 10, 2018

7 Kuliner Khas Kudus yang Patut Anda Coba

Categories:

Bagi Anda pecinta kuliner nusantara, maka jangan lupakan makanan ini ketika Anda sedang berada di kota Kudus, Jawa Tengah. 7 kuliner khas Kudus ini patut Anda coba ketika sedang berada disana. Selain dari harga yang bersahabat dengan kantong, kuliner ini menyajikan cita rasa khas yang pasti bikin Anda ketagihan. Penasaran? Yuk simak ulasan tentang 7 kuliner khas Kudus berikut.

  1. Soto Kudus

    Image result for soto kudus

    Tidak seperti soto-soto lainnya, umbu soto kudus pada umumnya tidak menggunakan santan maupun kunyit, sehingga tentu memiliki cita rasa berbeda. Soto kudus berisi suwiran daging ayam dan taoge. Terkadang menggunakan daging kerbau dan berkuahnya bening. Sedangkan dalam penyajian, soto Kudus disajikan menggunakan mangkuk kecil dimana sudah termasuk nasi didalamnya.
  2. Lentog Tanjung

    Image result for lentog tanjung

    Lentog berarti lontong, sedangkan Tanjung merupakan nama salah 1 desa di Kudus. Yang unik dari lentog ini adalah ukuran lontongnya yang sebesar betis orang dewasa. Biasanya lentog tanjung dinikmati sebagai menu untuk sarapan, terdiri dari 3 bahan utama, ada lontong yang dipotong kecil-kecil, sayur gori (nangka muda) dan lodeh tahu. Di sajikan di atas piring kecil yang dialasi daun pisang serta taburan bawang goreng, membuatnya semakin gurih saat disantap. Dan untuk makanan yang 1 ini, jangan berharap 1 porsi sudah membuat Anda kenyang yaaa.. hehe
  3. Nasi Pindang

    Image result for nasi pindang

    Nasi Pindang adalah masakan yang berupa nasi dan daging disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo atau daun so. Nasi Pindang adalah makanan khas dari orang Kabupaten Kudus, tepatnya di Desa Colo.
  4. Garang Asem

    Image result for garang asem
    Garang asem adalah masakan olahan ayam dengan kuah santan yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas. Makanan yang cukup populer di Kudus ini awalnya berasal dari Grobogan. Garang asem biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi, ditambah dengan tusukan ayam asam manis, tempe goreng, dan perkedel.

  5. Jenang

    Jika daerah Garut terkenal dengan dodol garutnya, maka Kudus punya yang namanya jenang. Namun jenang memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda dengan dodol pada umumnya. Jika Anda berkunjung ke Kudus, Anda bisa menjadikan jenang ini oleh-oleh, karena diantara makanan-makanan yang sudah diulas sebelumnya, hanya ini yang bisa bertahan lebih lama.

  6. Pecel Pakis Colo

    Image result for pecel pakis colo
    Pecel Pakis Colo berasal dari Desa Colo, karena di daerah tersebut ditemukan tanaman paku-pakuan seperti tanaman pakis. karena banyaknya tanaman ini sehingga warga memanfaatkan tanaman paku-pakuan tersebut menjadi pecel.

  7. Kopi Jetak
    Image result for kopi jetak

    Terakhir, khusus Anda pecinta kopi, Kudus punya kopi khas bernama kopi Jetak. Nama Jetak sendiri diambil dari nama Dukuh Jetak, tempat kopi dibuat pertama kali. Kopi jetak ini memiliki rasanya khas, yakni murni rasa kopi tanpa campuran apapun. Selain itu, cara menjualnya saat belum diseduh pun cukup unik. Yakni para penjual menyediakan kopi secara eceran atau dibungkus plastik.

    Demikian ulasan 7 kuliner khas Kudus. Semoga bermanfaat yaaaa..

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "7 Kuliner Khas Kudus yang Patut Anda Coba"

Post a Comment