Wednesday, April 24, 2013

Membuat Website e-Commerce dengan Prestashop

Categories: ,

Sedikit berbagi ilmu seputar e-Commerce (Situs Jual Beli). Jika diantara Anda ada yang masih bingung mengenai cara membuat website e-Commerce, berikut ada sedikit rekomendasi dari saya yakni gunain CMS Prestashop. Prestashop adalah sebuah software e-commerce yang open source dan fleksibel. Pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan mengenai langkah-langkah pembuatannya melalui hosting local (localhost). Jadi tanpa terkoneksi ke internet, Anda bisa mencoba membuatnya langsung dikomputer Anda.
  1. Pastikan di komputer Anda sudah terinstall software pendukung untuk menjalankan hosting local (localhost) seperti xampp, wamp, dan masih banyak lagi. Dalam kasus ini saya menggunakan software xampp.
  2. Download Prestashop disini.
  3. Setelah Prestashop terdownload, langkah selanjutnya adalah ekstrak file tersebut dan copy-kan (1 folder prestashop) ke dalam folder htdocs yang terletak di direktori C:\xampp.
  4. Buka browser dan ketikkan url localhost/prestashop.
  5. Dari sini Anda tinggal mengikuti langkah-langkah instalasi prestashop. Sekedar tambahan saja untuk yang belum tau, ketika saat instalasi Anda disuruh mengisi nama database, maka sebelumnya buat terlebih dahulu sebuah database baru di localhost/phpmyadmin (ketik nama database yang diinginkan dan Create).
  6. Setelah instalasi selesai dan berhasil, selanjutnya hapus folder install yang terdapat didalam folder prestashop.
  7. Jika langkah2 diatas berhasil, itu artinya Anda sudah berhasil membuat website e-commerce menggunakan Prestashop. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat berkunjung di localhost/prestashop.
Oke sekian dulu mudah-mudahan bermanfaat..
(Jika ada yang ditanyakan bisa komen di artikel ini)
NB: Jika mungkin ketika menginstall ada masalah Cannot install language "English (English)", mungkin link berikut bisa menjadi salah 1 solusinya (saya juga pernah mencobanya dan berhasil).

Baca juga artikel terkait -> Cara Upload Theme di Prestashop
Download Module Pembayaran BCA
Download Module Pembayaran Mandiri

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Membuat Website e-Commerce dengan Prestashop"

Post a Comment