Wednesday, August 17, 2011

Mengenal ASP.NET

Categories: , ,

ASP.NET adalah web developmet framework yang canggih dan powerfull. Jika kamu belum pernah menggunakan ASP.NET sebelumnya, maka ini akan membutuhkan waktu dan kesabaran untuk membiasakan diri dengan ASP.NET. Membangun web dengan teknologi ASP.NET tidak hanya memerlukan pemahaman HTML dan web design, tetapi juga membutuhkan pamahaman yang kuat mengenai Object Oriented Programming (Pemrograman berbasis objek) dan development.
Berikut keunggulan dari ASP.NET:
  1. Tugas umum seperti pembuatan form, otentifikasi client, validasi data, konfigurasi situs, dan deployment yang lebih mudah.
  2. Performanya bagus, karena ASP.NET dikompilasi ke CLR sehingga performanya lebih baik dari ASP yang interpreter.
  3. Merupakan model pemrograman baru yang menggabungkan aplikasi ASP dengan kemudahan pengembangan dan produktifitas Visual Basic.
  4. Model pemrograman ASP.NET memisahkan kode dari presentasi sehingga mempermudah membuat konstruksi dan mengelola kode.
  5. ASP.NET menyediakan status aplikasi dan sesi yang mudah digunakan (menyediakan dukungan pendistribusian status sesi dalam server web, menaruh informasi status dalam SQL Server, serta menyediakan pengelolaan status tanpa cookies).
  6. ASP.NET menyediakan layanan otorisasi (menentukan apakah pengguna memiliki izin untuk melakukan tindakan yang diminta) dan otentikasi (menentukan identitas pengguna yang melakukan permintaan) yang telah diperbaiki menggunakan CookieAuthenticationModule dan URLAuthorizationModule.
  7. ASP.NET menggunakan file XML untuk menyimpan pengaturan konfigurasi sehingga deployment situs menjadi lebih mudah.
  8. ASP.NET dapat digunakan untuk mengekspos fungsi bisnis ke partner melalui protokol Web standar.
  9. Disediakan mesin caching untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan mengurangi beban pemroses server web dan server database.
  10. ASP.NET memiliki utilitas tracking yang built-in.
  11. Deployment dapat dilakukan dengan cara menyalin file karena semua pengaturan konfigurasi terdapat dalam file XML.

(Sumber: ebook "Build your own ASP.NET 3.5 WEB SITE Using C# & VB By Cristian Darie & Wyatt BArnett 3rd Edition" dan internet)

Semoga bermanfaat.. ^_^
Silahkan kritik dan sarannya...

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Mengenal ASP.NET"

Post a Comment