Monday, July 17, 2017

Tutorial Laravel #1 - Cara Membuat Project Laravel Baru

Categories:

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang sangat menarik untuk dipelajari. Anda bisa melakukan googling untuk mengetahui kelebihan-kelebihan dari framework yang 1 ini. Jika sebelumnya Anda sudah pernah menguasai salah 1 framework di PHP, maka bukanlah hal yang sulit untuk mempelajari framework yang lain. Di postingan ini saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai bagaimana membuat project baru di laravel.
  1. Sebelum membuat project baru di laravel, pastikan terlebih dahulu bahwa di komputer Anda sudah terinstall web service lokal (Anda bisa menggunakan xampp, wampp, atau aplikasi lainnya yang sejenis) dan composer (bisa didownload disini).
  2. Buka Command Prompt, kemudian arahkan ke folder localhost Anda (jika menggunakan xampp biasanya berada di C:/xampp/htdocs).
  3. Ketik syntax berikut dan enter

    composer create-project laravel-laravel nama_project laravel_version
  4. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, Anda bisa membuka browser lalu akses melalui url http://localhost/nama_project/public
  5. Sebagai tambahan informasi, ketika kita membuat project laravel baru, secara default ketika kita ingin mengakses projectnya menggunakan url 'public' di bagian belakang.
Video terkait:



Sekian, terimakasih.
Tutorial Selanjutnya: Tutorial Laravel #2 - Menghilangkan 'public' dari Url Laravel

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Tutorial Laravel #1 - Cara Membuat Project Laravel Baru"

Post a Comment