Friday, July 27, 2012

WHATapps (Sistem Penyiraman Otomatis dengan Fuzzy Logic Metode Tsukamoto)

Categories:

WHATapps, sebuah aplikasi dari kami berempat (Ahmad Thoriq Abdul Aziz, Dian Lestari Auliani, Fahman Haqqi dan Wulandari) yang dibuat dalam rangka memenuhi tugas project Sistem Pakar / Expert System. WHATapps ini merupakan aplikasi berbasis desktop yang digunakan untuk memonitoring dan memsimulasikan jumlah air yang akan diberikan tanaman. Pembuatannya menggunakan model Fuzzy Metode Tsukamoto. Input dari aplikasi ini ada 2, yaitu suhu dan kelembaban. Dari kedua input tersebut akan dihasilkan output berupa lama waktu penyiraman sesuai dengan jumlah air yang dibutuhkan oleh tanaman dengan asumsi kecepatan aliran air tetap atau konstan.
Dari parameter input dan output tadi akan ditetapkan nilai linguistiknya, yakni dimana untuk:
  • Nilai linguistik input suhu udara yaitu
    1. Dingin = 10 - 25 derajat celcius
    2. Sejuk = 20 - 30 derajat cecius
    3. Normal = 25 - 35 derajat celcius
    4. Hangat = 30 - 40 derajat celcius
    5. Panas = 35 - 50 derajat celcius
  • Nilai linguistik input kelembaban yaitu
    1. Kering = 0% - 40%
    2. Normal = 25% - 75%
    3. Basah = 50% - 100%
  • Nilai linguistik output lama waktu yaitu
    1. Cepat = 0 - 2 menit
    2. Sebentar = 1 - 3 menit
    3. AgakSebentar = 2.5 - 5 menit
    4. Sedang = 3.75 - 6.25 menit
    5. AgakLumayan = 5 - 7.5 menit
    6. Lumayan = 7 - 9 menit
    7. Lama = 8 - 10 menit
Sedangkan rule-rule yang kami gunakan yaitu:

IF SuhuDingin AND KelembabanBasah THEN Cepat
IF SuhuDingin AND Kelembaban Normal THEN Sebentar
IF SuhuDingin AND KelembabanKering THEN AgakSebentar
IF SuhuSejuk AND KelembabanBasah THEN Sebentar
IF SuhuSejuk AND Kelembaban Normal THEN AgakSebentar
IF SuhuSejuk AND KelembabanKering THEN Sedang
IF Suhu Normal AND KelembabanBasah THEN AgakSebentar
IF Suhu Normal AND Kelembaban Normal THEN Sedang
IF Suhu Normal AND KelembabanKering THEN AgakLumayan
IF SuhuHangat AND KelembabanBasah THEN Sedang
IF SuhuHangat AND Kelembaban Normal THEN AgakLumayan
IF SuhuHangat AND KelembabanKering THEN Lumayan
IF SuhuPanas AND KelembabanBasah THEN AgakLumayan
IF SuhuPanas AND Kelembaban Normal THEN Lumayan
IF SuhuPanas AND KelembabanKering THEN Lama

Baiklah, berikut merupakan tampilan-tampilan dari aplikasi WHATapps,
Tampilan Splashscreen WHATapps

Tampilan Utama WHATapps

Pop Up Konfirmasi ketika ingin keluar

Tampilan Halaman Simulasi
 Untuk melakukan simulasi, pertama klik pada tombol tanaman dan kemudian mengisi nilai kelembaban dari tanaman tersebut. Setelah itu, atur suhu lingkungan dengan mengisi textbox dengan suhu yang diinginkan, kemudian klik tombol simulasi dan isi tangki air dengan menekan tombol Isi Tangki.Untuk menyiram tanaman maka klik tombol Siram sehingga jumlah air pada tangki akan berkurang.

Tampilan Setelah Melakukan Simulasi
Daftar pustaka : Sofwan, A. 2005. Penerapan Fuzzy Logic pada Sistem Pengaturan Jumlah Air Berdasarkan Suhu dan Kelembaban. Yogyakarta

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

4 Response to WHATapps (Sistem Penyiraman Otomatis dengan Fuzzy Logic Metode Tsukamoto)

July 27, 2012 at 1:07 PM

Wahh mantap gan! Udah bisa diterapin di dunia nyata belum? Gak hanya di desktop? XD

July 27, 2012 at 2:55 PM

bisa gan, asal ade duitnye.. *mahasiswa men

November 9, 2013 at 4:21 PM

mas boleh minta source code & aplikasinya ga ya untuk dikembangkan? makasih sebelumnya

June 2, 2014 at 1:34 PM

Mohon maaf mas sepertinya belum bisa :)

Post a Comment