Sunday, October 23, 2011

Top 10 Kesalahan di Web Desain

Categories: , ,

Nomor 1.

1) Bad Search : http://www.nu3tara.com

Saya mencoba melakukan pencarian disitus bus nusantara mengenai lowongan pekerjaan dengan mengetikkan keyword “lowongan pekerjaan” hasilnya seperti berikut:

clip_image001

Namun ketika saya sengaja menuliskan “lowonganpekerjaan” hasilnya menjadi:

clip_image002

Selanjutnya juga mencoba mengetikkkan “lowongan-pekerjaan”, “lowongon pekerjaan” hasilnya juga no results. Artinya bahwa fasilitas pencarian di situs bus nusantara ini masih buruk. Ketika pengguna salah mengetikkan atau kurang huruf akan dihasilkan nihil tanpa ada suggest dari situs tersebut seperti yang sering kita lihat di search engine google ketika salah/ kurang dalam mengetikkan keyword. Hal yang seperti ini kurang bagus untuk pengguna.

2) PDF Files for Online Reading : http://www.freewebs.com/tekomitn/Materi/Sist%20Terdistribusi/CORBA.pdf

clip_image004

Seperti yang kita lihat, situs tersebut terdapat file pdf yang dibaca secara online. Padahal kebanyakan user benci melihat artikel pdf saat browsing. Alangkah lebih baik jika file yang berbentuk pdf tidak ditampilkan di browser, melainkan hanya sebatas file yang bisa didownload oleh pengguna.

3) Not Changing the Color of Visited Links : http://www.pdpersi.co.id/

clip_image006

Gambar diatas merupakan tampilan halaman utama dari situs Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PRSSI). Dan saya coba mengunjungi link Dewasa Kok Masih Mengompol, kemudian saya refresh lagi halaman utama dari situs tersebut, alhasil tidak ada perubahan warna pada link yang pernah saya kunjungi. Padahal link merupakan factor kunci dalam proses navigasi dimana pengguna dapat mengecualikan link yang terbukti membuahkan hasil dalam kunjungannya sebelumnya. Manfaatnya jika diterapkan perubahan warna pada link yang pernah dikunjungi adalah pengguna dapat membedakan link yang pernah dikunjungi atau belum. Berbeda ketika link yang dikunjungi tidak berubah warna, pengguna menunjukkan disorientasi lebih navigasi dalam pengujian kegunaan dan secara tidak sengaja mengunjungi kembali halaman yang sama berulang kali.

4) Non-Scannable Text : http://www.mrbottles.com/

clip_image008

Situs diatas sangatlah membosankan, karena kombinasi warna antar paragraph yang kurang menarik, dan dari atas sampai kebawah akan lanjut terus tanpa ada pemisah seperti “read more” dan sebagainya.

5) Fixed Font Size : http://www.three.com/

clip_image010

Gambar website diatas tidak dapat diperbesar dengan shortcut keyboard Ctrl dan +, sehingga jika pengguna ingin memperbesar halaman website ini tidak akan bias dan website yang seperti ini kurang baik menurut pengguna.

6) Page Titles with Low Search Engine Visibility : http://www.ptpn12.com/site/

clip_image012

Gambar diatas adalah gambar halaman utama situs PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero). Dari segi Search Engine Visibility website ini kurang bagus. Karena jika kita berkunjung kesitu dan mengunjungi link yang berbeda maka judul/ title yang ditampilkan berbeda-beda dan tidak diawali dari nama perusahaan terkait. Selain itu juga ketika kita membuka halaman utamanya, judulnya diawali dengan kata Website Resmi, menurut saya ini kurang bagus karena semua orang juga sudah tahu bahwa yang mereka kunjungi adalah website, dan juga kata resmi, menurut saya ini tidak perlu juga karena website suatu perusahaan biasanya hanya satu dan itu pasti resmi, yang ada hanyalah anak dari domain utama.

7) Anything That Looks Like an Advertisement : http://yvettesbridalformal.com/

clip_image014

Gambar website diatas kurang nyaman dilihat karena disana-sini terdapat berbagai macam tulisan iklan. Pengguna bukannya merasa betah ketika berkunjung ke website ini melainkan akan pusing karena penempatan iklan yang berantakan.

8) Violating Design Convention : http://gatesnfences.com/

clip_image016

Desain web diatas sangat kurang bagus, karena mulai dari paling atas penulisan Top brand dst hampir tidak ada jarak dengan halaman windows padahal pemberian jarak (padding) sangat penting demi tempilan yang lebih baik. Selain itu juga kombinasi warna disitus ini kurang menarik sehingga keseluruhan membosankan atau buruk.

9) Opening New Browser Windows : http://www.getwebhits.com/

clip_image018

Gambar website diatas terdapat beberapa link dan jika klik link tersebut akan membuka window baru seperti dibawah ini:

clip_image020

Hal ini akan sangat mengganggu pengguna dalam melakukan browsing karena perhatian pengguna teralihkan dengan hadirnya window baru dan juga ketika window baru muncul dan pengguna ingin kembali ke halaman semula, pengguna mesti meng-klik window dari halaman awal tadi karena tidak tombol Back pada window baru yang muncul nonaktif. Dan sebagian besar pengguna benci dengan hal semacam ini. Jadi web yang semacam ini kurang baik untuk pengguna.

10) Not Answering User’s Questions : http://www.belimobilmotor.com

Saya mencoba melakukan pencarian disitus tersebut dengan keyword “jazz” dan hasilnya seperti dibawah ini :



clip_image022

Dari gambar saya mendapatkan hasil yang paling atas bukan jazz melainkan civic, hanya di keterangannya yang tertulis “Velg R14 ex.Honda Jazz”. Dan hasil pencarian dibawahnya juga masih ditampilkan hasil yang seharusnya tidak ditampilkan karena tidak sesuai keyword yang telah diketikkan.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Top 10 Kesalahan di Web Desain"

Post a Comment