Thursday, September 29, 2011

QR code

Categories: , ,

QR code adalah kode matriks (barcode 2 dimensi) yang diciptakan oleh Denso Wave - perusahaan Jepang - pada tahun 1994. QR merupakan singkatan dari Quick Response, dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respons dengan cepat. QR sangat popular di Jepang karena kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada barcode sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa jepang sebab dapat menampung huruf kanji. QR mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi Jepang berupa ISO / IEC 18004 dan JIS-X-0510.(Sumber: http://www.laysander.com/berita/implementasi-qr-code)

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kkana,hiragana,simbol,dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR)

Mengenai implementasi QR code sendiri dalam bayangan saya adalah pengganti KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang bisa berbentuk kartu juga, atau cincin atau yang lainnya(yang mudah dibawa). Jika KTM hanya muat berisi Nama Universitas, Nama Mahasiswa dan NRP saja, maka dengan menggunakan QR code (yang berwujud seperti sebuah gambar) akan mampu memuat lebih dari daya muat KTM, dimana bisa berisi Nama Universitas, Nama mahasiswa, NRP, TTL, Alamat Rumah, Nomor Rekening, Tanggal berlaku dan masih banyak lagi.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "QR code"

Post a Comment